Penyakit Diabetes Melitus

anda disini: Home > Tipe Penyakit Diabetes Melitus

Tipe Penyakit Diabetes Melitus

 

Mengenal Tipe Penyakit Diabetes Melitus

Tipe Penyakit Diabetes MelitusPengenalan terhadap tipe diabetes dalam hal ini tipe diabetes melitus sangat penting dan cukup mendesak. Hal ini mengingat semakin meluasnya paparan penyakit ini pada hampir semua lapisan dan kalangan dalam masyarakat. Hal ini nantinya juga sangat terkait dengan cara yang paling pas dalam mencegah dan mengatasi serta pengobatan penyakit yang cukup mematikan ini.

Berdasarkan penyebab dasarnya kenapa sampai terjadi kelonjakan kadar gula dalam darah, maka penyakit diabetes ini dibagi dalam beberapa  tipe. Masing-masing tipe penyakit diabetes melitus ini memiliki penyebab yang khsusus yang tidak dimiliki oleh tipe lain. Oleh karena itulah, sekali lagi saya tegaskan bahwa mengenal tipe berbagai penyakit diabetes melitus ini sangat penting sebelum kita membahas lebih jauh akan jenis penyakit yang bisa dibilang sangat mematikan ini.

Berdasarkan penyebab dasarnya, para pakar kesehatan telah membagi penyakit diabetes ini menjadi tiga tipe. 

  • Diabetes Melitus tipe 1
    Tipe diabetes ini umumnya menyerang anak hingga remaja. Oleh karena itulah jenis atau tipe diabetes mellitus ini di namakan juga dengan sebutan juvenile diabetes.
     
    Adapun penyebab dasar dari tipe diabetes 1 ini adalah karena adanya kerusakan atau kesalahan genetik pada sel pankreas sehingga sistem imun terganggu dan tidak bisa menghasilkan hormon insulin. adapun penyebab secara rinci yang melenkapi penyebab tipe 1 ini akan kita bahas pada bahasan penyebab diabetes melitus.

    Penderita diabetes tipe 1 ini sangat tergantung dengan insulin dari luar. Untuk kelangsungan hidupnya, penderita harus mendapatkan suntikan hormon insulin secara rutin dan terjadwal. Oleh karena itulah tipe 1 ini juga dinamakan dengan Insuline Dependent Diabetic Mellitus atau IDDM.

    Diabetes melitus tipe 1 ini seringnya muncul secara mendadak dengan gejala tiba-tiba sering cepat merasa haus, sering buang air kecil (sering ngompol pada anak), badan menjadi kurus secara drastis dan lemah. Jika insulin tidak segera diberikan, penderita bisa tiba-tiba tidak sadarkan diri atau koma diabetik.
     
  • Diabetes Melitus Tipe 2
    Diabetes Melitus tipe 2 ini disebabkan oleh kurang mampunya tubuh didalam merespon hormon insulin sehingga tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas. Boleh jadi pankreas telah memproduksi insulin secara normal namun hormon yang dihasilkan tidak bisa dimanfaatkan oleh tubuh secara efektif. Tubuh bersifat resisten terhadap hormon insulin.

    Ketidakmampuan tubuh dalam memanfaatkan hormon insulin seringnya dikarenakan sel-sel tubuh bersaing berat dangan sel-sel lemak dalam tubuh. Hati-hati bagi Anda yang saat ini lagi mengalami berat badan berlebih atau obisitas. Segera lakukan diet untuk mengurangi berat berlebih badan Anda. Jangan ambil resiko dengan terus Anda membiarkan tubuh Anda dalam kondisi obesitas.

    Bagi pemilik badan dengan berat badan berlebih yang diakibatkan oleh timbunan lemak yang tidak terkontrol maka segeralah ambil tindakan pengurangan lemak berlebih. Efek jengka panjanganya sangat tidak baik. Hormon insulin banyak dihisap oleh sel-sel lemak yang menumpuk dalam tubuh. Oleh karena itulah, tipe 2 ini lebih banyak menimpa pada orang-orang yang memiliki pola hidup dan pola makan yang jelek sehingga terjadi penimbunan lemak atau kegemukan.

    Kegemukan seringnya mengganggu sistem kerja pankreas dan metabolisme terganggu. Kegemukan pada anak harus mendapatkan perhatian yang lebih serius dari para orang tua. Jangan sampai terlambat sehingga menjadi derita di masa tuanya.
    Diabetes tipe 2 inilah yang banyak menimpa para penderita penyakit diabetes. Bahkan prosentasenya bisa sampai 90% dari keseluruhan penderita diabetes melitus.

    Berbeda dari tipe 1 yang muncul tiba-tiba, diabetes tipe 2 memiliki perkembangan yang sangat lambat sampai bertahun-tahun. Oleh karena itulah sering-seringlah Anda memeriksakan kadar gula Anda untuk bisa mendeteksi sedari dini. Segera lakukan tindakan apabila didapati hasil test kadar gula melebihi ambang normal.

    Gejala diabetes melitus tipe 2 sering kali tidak  terasa. Namun Anda perlu waspada dan waswapada. Jangan sampai Anda terlambat. Tubuh yang mengalami resistensi terhadap hormon insulin akan memaksa organ pankreas untuk memproduksi insuline sebanyak-sebanyaknya untuk dapat menggempur resistensi insulin tersebut dan memberi kesempatan gula untuk masuk de dalam sel tubuh. Akibatnya organ pankreas Anda menjadi keok dan aus karena dipaksa kerja keras oleh tubuh Anda.

    Kondisi ini memerlukan perbaikan secepatnya. Kalau tdak, pankreas akan terus bekerja ekstra keras yang menyebabkan dia kelelahan dan akhirnya bisa rusak. Dengan rusaknya pankreas maka bisa Anda bayangkan sendiri akibatnya. Sangat mengerikan . . ., tubuh sudah resisten ditambah lagi insulin sudah tidak bisa diproduksi lagi karena organ yang bertanggung jawab sudah KO. 
     
  • Diabetes Melitus Tipe 3
    Tipe diabetes ini merupakan gabungan dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Hal ini terjadi ketika penderita diabetes melitus 1 secara terus menerus disuntik insulin, ada sebagian penderita menjadi resisten terhadap hormon dari luar tersebut sehingga dia menderita tipe 2 sekaligus.

    Diabetes melitus tipe 3 juga bisa terjadi karena penderita diabetes melitus tipe 2 mengkonsumsi obat-obatan yang merangsang produksi insuline lebih banyak sehingga pankreas menjadi lelah, lemas, dan akhirnya ambruk. Jangka panjangnya pankreas menjadi rusak sehingga produksi menjadi sangat sedikit atau terhenti sama sekali. Maka jadilah tipe diabetes gabungan yaitu tipe 2 dan 1 yang dinamakan diabetes melitus tipe 3.
     

Itulah sekilah ulasan tentang tipe diabetes atau tipe diabetes melitus. Mudah-mudahan ulasan ini bisa memberikan manfaat buat para pembaca sekalian.

Untuk info tambahan seputar penyakit diabetes dan penyakit berat lainnya bisa Anda kunjungi link di bawah ini.

Info Terkait dengan Tipe Penyakit Diabetes Melitus 

Dan bagi Anda yang berminat untuk memperdalam pengetahuan tentang penyakit lain yang sangat mematikan yaitu penyakit jantung koroner dan penyakit kanker silahkan Anda kunjungi link web di bawah ini

http://www.penyakitjantungkoroner.net/

http://www.gejalapenyakitkanker.com/

Mudah-mudah pembahasan tentang penyakit jantung koroner dan penyakit kanker pada link di atas bisa melengkapi pengetahuan Anda tentang berbagai penyakit yang semakin meraja lela yaitu penyakit diabetes melitus dengan berbagai tipe penyakit diabetes melitus tersebut.

Update terakhir: March 31. 2018 11:21:34

Powered by CMSimple | Template: ge-webdesign.de | Login

nach oben
Pilihan Bahasa
KUNJUNGAN KE WEB INI